Tuesday, January 23, 2018

MAKALAH MEMANFAATKAN PELUANG USAHA

Mata Kuliah: Kewirausahaan
Program Bidang Studi/ Semester: PBSI / 3 A

Dosen Pengampu: Haris Azhar,S.Sos.,M.Si

Disusun oleh Kelompok 01 :
Dewi Dwiyanti
Ibnu Mubarok
Ikhwatun Nafisah
Rizky Pujiono
Titi Yuhana

PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA (PBSI)
 SEKOLAH TINGGI KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
NAHDLATUL ULAMA INDRAMAYU
(STKIP NU INDRAMAYU)

KATA PENGANTAR

Assalamu’alaikum Wr.Wb.
Puji syukur  kami panjatkan atas kehadirat Allah SWT.yang telah memberikan rahmat dan karunia-Nya kepada kami, sehingga kami dapat menyelesaikan tugas makalah ini dengan judul Memanfaatkan peluang usaha
Adapun makalah ini merupakan syarat untuk menambah pengetahuan tentang mata kuliah “ Kewirausahaan”. Dalam penyusunan makalah ini, kami menyadari masih banyak kekurangan dan jauh dari  kesempurnaan. Oleh karena itu kami mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun dan mendidik untuk perbaikan selanjutnya.Kami berharap makalah ini dapat bermanfaat bagi semua pembacanya. Terima kasih
Wassalamu’alaikum Wr.Wb.
Indramayu,    Oktober  2017

Penyusun

BAB I
PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang Penulisan
Memanfaatkan peluang usaha dengan baik menjadi modal utama seorang pengusaha. Dalam berwirausaha, setiap keahlian dan kesempatan sangat menentukan sebuah kesuksesan seseorang. Tanpa adanya pengalaman dan kemampuan memanfaatkan peluang, mungkin sebuah usaha tidak akan berjalan dengan baik. Ilmu pengetahuan tentang bisnis menjadi point tambahan sebelum melangkahkan kaki ke lingkup wirausahawan. Meskipun segala sesuatunya tidak akan terjadi secara instant, namun dengan ketekunan akan mengantarkan kita ke jenjang sukses yang nyata.
Peluang Usaha senantiasa terbentang luas dan akan selalu ada dimanapun kita berada. Hanya saja, peluang yang ada mempunyai prospek masing-masing. Seperti halnya peluang usaha modal kecil, pasti akan sangat banyak sekali kompetitor atau saingan di sekitar kita. Sedangkan peluang usaha bermodal besar akan mempunyai saingan yang sedikit namun mempunyai tantangan yang sangat berat untuk dapat memulainya. Kami akan membantu anda untuk menguraikan bagaimana cara memanfaatkan peluang usaha yang baik tanpa mengabaikan antara keahlian, kesempatan, modal, dan persaingan.
1.2  Rumusan Masalah               
1.      Ada berapakah aspek memanfaatkan peluang usaha?
2.      Bagaimana cara memanfaatkan peluang usaha?

1.3  Tujuan Penulisan
1.      Untuk mengethaui aspek-aspek memanfaatkan peluang usaha
2.      Untuk mengetahui cara memanfaatkan peluang usaha

BAB II
PEMBAHASAN
2.1 Tiga aspek dalam memanfaatkan peluang usaha
  1. Kenali potensi diri.
  2. Hitung daya maksimal modal.
  3. Pelajari pangsa pasar dan saingan.
2.1.1 Mengenali diri sendiri dalam memanfaatkan peluang usaha
Untuk bisa mengenali keahlian atau kemampuan pada diri sendiri, hanya diri kita yang memahami secara detailnya. Mungkin orang lain akan menilai diri kita mampu dan ahli melakukan ini dan itu, namun diri kitalah yang tau kebenarannya. Kecuali bagi beberapa orang yang memiliki kecenderungan sifat pesimis, biasanya mereka tidak menyadari potensi yang ada pada diri mereka, namun orang lain mengetahui potensi yang dipunya, sehingga terkadang seseorang baru menyadari bahwa diri mereka memiliki kemampuan setelah orang lain mengatakan potensi diri mereka.
Potensi diri dapat kita pelajari dengan hobi yang kita punya, seperti halnya seseorang yang hobi bermain game, belum tentu ia berpotensi untuk menjadi seseorang programer yang dapat menciptakan sebuah permainan komputer maupun hp. Namun seorang gamer mempunyai sifat dasar yaitu menyukai tantangan. Dan sifat dasar ini dapat terus di kembangkan agar dapat menjadi seorang pengusaha yang berani menghadapi tantangan.
Contoh lain, seseorang yang mempunyai hobi bongkar-bongkar barang elektronik, mereka secara kasat mata mempunyai potensi di seputar elektronik. Jika di pupuk dan terus di tempa, maka keahlian dalam hal elektronik bisa menjadi modal utama untuk menjadi wirausahawan.


2.1.2 Cara menghitung modal maksimal
Bagi sebagian orang, modal dalam bentuk materi mungkin menjadi alasan utama mengapa seseorang enggan untuk segera memulai sebuah usaha. Padahal, banyak sekali jalan untuk kita mendapatkan modal usaha. Dan hampir semua orang tau caranya. Hanya saja, rasa takut gagallah yang biasanya menjadi pemicu utama seseorang takut untuk segera memulai usaha.
Modal dapat kita hitung dengan mengakumulasikan antara tabungan yang kita punya, aset yang kita punya, dan relasi yang kita punya. Misal, kita membutuhkan modal sebesar 50 juta untuk memulai sebuah usaha. Kita mempunyai tabungan sebesar 15 juta. Ini artinya kita mempunyai kekurangan modal sebesar 35 Juta. Cara yang paling sering di tempuh adalah dengan menjadikan rumah sebagai agunan pinjaman. Misal dari Bank kita mendapat pinjaman sebesar 25 Juta, ini artinya modal sudah terkumpul 40 Juta. Sehingga ada kekurangan sebesar 10 Juta.
Jangan tergesa-gesa untuk segera meminjam kepada saudara jika memang tidak ada komitmen kuat. Karena, saat uang sudah kita pinjam dan usaha tidak berjalan, persaudaraan biasanya bisa retak dari sini. Caranya adalah, dengan modal yang kita punya, kita jalankan usaha yang kita punya dengan modal yang ada. 40 Juta kita gunakan untuk memulai usaha. Setelah uang benar-benar habis, baru kita datang kepada teman atau saudara dan yang paling baik jika punya adalah orang tua atau mertua. Datangi mereka katakan bahwa usaha sudah di tengah jalan namun mengalami jalan buntu untuk menyelesaikannya. Dalam mencari pinjaman ke teman atau family, jangan hitung 10 juta, namun lebihkan untuk sisi safe, sebagai angsuran kita pada awal-awal bulan sebelum usaha benar-benar berjalan.
Cara diatas adalah cara instant dalam mencari modal, dan cara yang lebih baik adalah dengan memanfaatkan uang yang ada untuk memulai usaha yang hanya membutuhkan modal sesuai dengan yang kita punya. Kita harus memutar otak bagaimana dengan modal yang kita punya, bahkan tanpa modal sekalipun, kita masih bisa tetap menghasilkan dan tetap berpeluang sukses.
2.1.3 Cara tepat dalam memanfaatkan peluang usaha
Setelah kita mengenali potensi diri dan menghitung maksimal modal yang bisa kita upayakan, baru kita bisa menentukan peluang mana yang akan kita ambil. Untuk usaha modal kecil, kita bisa mengambil alternatif usaha yang berkaitan dengan segala sesuatu yang di butuhkan oleh masyarakat sekitar. Dengan demikian, kita akan mudah dalam melakukan transaksi bisnis. Untuk kalian yang memiliki modal besar, banyak peluang tambang yang tersebar di seluruh nusantara.
Kita bisa melakukan riset dan memulai usaha tambang. Namun sayangnya, belum banyak orang yang memahami tentang bisnis yang satu ini. Oleh sebab itu, hampir seluruh tambang di Indonesia di kuasai oleh pihak asing. Jika anda mempunyai kemampuan, maka proyek tambang adalah salah satu peluang yang bisa kita manfaatkan.
Perlu menjadi catatan adalah, untuk menekuni sebuah usaha, kita tidak boleh mengabaikan proses yang akan kita jalani. Sebagian orang sangat tergesa-gesa dalam melakukan usaha, ingin segera kaya lalu lupa bahwa tidak akan ada kesuksesan tanpa proses yang panjang. Segala sesuatunya pasti ada proses yang harus kita jalani. Dan proses inilah yang menentukan sukses atau tidaknya diri kita.
2.2 Cara memanfaatkan peluang usaha
 “Peluang Adalah EMAS”, istilah itu memang bukan mengada-ngada, peluang memang di ibaratkan sebagai emas yang bernilai yang sayang jika harus dilewatkan. Jika anda ingin menjadi seorang pengusaha sukses, maka jangan sekali-sekali mengabaikan peluang usaha yang ada yang sebenarnya banyak disekitar kita. Peluang itu banyak sekali, menarik, dan indah. Tetapi dalam kenyataan hidup tidak banyak orang yang bisa memanfaatkan peluang yang ada. Bahkan banyak yang meninggalkan peluang, meskipun peluang-peluang itu sudah di depan mata atau di samping dirinya. karena kita serasa bingung untuk memanfaatkannya,serta harus dimulai dari mana padahal peluang itu hanya datang satu kali saja.bisa saja jika kita melewatkan peluang tersebut yang menurut kita itu peluang usaha yang niche atau bagus lantas keburu diambil oleh orang lain.
Peluang berarti juga pasar. Jika seseorang ingin berhasil, apalagi berhasil sebagai entrepreneur, dia harus bisa secara cerdik menangkap dan memanfaatkan peluang, kemudian mengambil keputusan yang tepat agar memenangkan persaingan di pasar.Dengan kreativitas berarti seseorang bisa secara bersama-sama menciptakan atau menangkap peluang dan memaksimalkan resources lain yang bisa mendukung agar peluang-peluang dan kreativitas itu menjadi berhasil.Dan agar peluang-peluang dan kreativitas itu berhasil dibutuhkan komunikasi yang baik. Bagi seorang entrepreneur, keterampilan berkomunikasi itu sangat penting. Segala ide dan kreativitas yang ada pada diri seorang entrepreneur harus bisa dikomunikasikan dengan baik ke pasar.
Seorang entrepreneur harus rajin pergi ke mana saja, untuk mengkomunikasikan ide dan kreativitasnya. Dengan komunikasi yang baik, seorang entrepreneur harus punya keyakinan bahwa ide dan kreativitasnya itu bisa diterima pasar,Memang tidak lah mudah bagi seseorang untuk bisa memanfaatkan peluang usaha dengan cara memanfaatkannya atau mempraktekannya dalam dunia wirausaha yang sesungguhnya.Ini akan terasa berat karena selain membutuhkan ketekunan, tenaga juga modal yang jumlahnya relatif.
   Berikut tips cara memanfaatkan peluang usaha :
1.Melakukan Riset Pasar
2. Mempersiapkan dan menyusun rencana
3. Patuh terhadap aturan
4. Strategi Pemasaran yang tepat sasaran
Jika ke empat poin dasar diatas sudah kita lakukan, maka hal yang paling penting adalah mempraktekannya. Anda harus berani memulai wirausaha atas ide-ide anda  sehingga anda akan tahu peluang usaha yang sedang dijalankan adalah peluang usaha yang benar-benar bagus.Jangan takut untuk memulai usaha.
          kita harus yakin menentukan jenis usaha yang akan kita tekuni. Jika kita merasa tidak yakin dengan jenis usaha yang kita dapatkan, cobalah temukan jenis usaha yang lain. Lebih baik Anda membuat jurnal atau sekedar membuat coret-coretan untuk membandingkan jenis-jenis usaha.
           Namun selain kerja keras dan cerdik memanfaatkan peluang ada hal yang juga perlu diperhatikan, yakni unsur ‘luck’ (keberuntungan).Bagaimana pun, unsur luck itu penting bagi keberhasilan seseorang dalam berbisnis.



BAB III
PENUTUP
simupulan
3.1 Tiga aspek dalam memanfaatkan peluang usaha :
1 .Kenali potensi diri.
2. Hitung daya maksimal modal.
3. Pelajari pangsa pasar dan saingan.
3.2  Cara memanfaatkan peluang usaha :
1. Melakukan Riset Pasar
2. Mempersiapkan dan menyusun rencana
3. Patuh terhadap aturan
4. Strategi Pemasaran yang tepat sasaran








Daftar Pustaka
http://www.wirasejati.com/memanfaatkan-peluang-usaha-dengan-baik.aspx

No comments:

Post a Comment

Naskah Drama "Balada Saridin"

Pemain : 1.       Saridin 2.       Aisyah 3.       Sari (teman Aisyah) 4.       Siti (teman Aisyah) 5.       Ayah Aisyah 6.  ...