Tuesday, January 23, 2018

MAKALAH KEWIRAUSAHAAN SEBAGAI PENGHIDUPAN KITA

Mata Kuliah: Kewirausahaan
Program Bidang Studi/ Semester: PBSI / 3 A

Dosen Pengampu: Haris Azhar, S.Sos.,M.Si
Disusun oleh Kelompok 02 :
Rudiyanto
Sintiyah
Siti Fatonah
Wasiri



PROGAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
SEKOLAH TINGGI KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
NAHDLATUL ULAMA INDRAMAYU
(STKIP NU INDRAMAYU)


2017
KATA PENGANTAR

Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Alhamdulillah puji syukur penyusun panjatkan kehadirat Allah SWT. Karena berkat rahmat dan hidayah-Nya, kami dapat menyelesaikan tugas makalah ini. Makalah ini dibuat dalam rangka memenuhi tugas mata kuliah Kewirausahaan.
Dalam penyusunan makalah ini, penyusun mendapat masukan dan bimbingan dari berbagai pihak sehingga makalah ini bisa selesai. Untuk itu pada kesempatan ini penyusun mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dalam penyusunan makalah ini.
Penyusun mengharapkan kritik dan saran yang membangun dari pembaca demi lebih baik laginya makalah ini. Akhir kata, penyusun berharap agar makalah ini dapat memberikan manfaat bagi penyusun khususnya dan pembaca pada umumnya.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Indramayu,     Desember 2017


Penyusun

BAB I
PENDAHULUAN
1.1       Latar Belakang Penulisan
Kewirausahaan adalah padanan kata dari entrepreneurship dalam bahasa Inggris, unternehmer dalam bahasa Jerman, ondernemen dalam bahasa Belanda. Sedangkan di Indonesia diberi nama kewirausahaan . Kata entrepreneur berasal dari bahasa Perancis yaitu entreprende yang berarti petualang, pengambil risiko, kontraktor, pengusaha (orang yang mengusahakan suatu pekerjaan tertentu), dan pencipta yang menjual hasil ciptaannya.
Dalam kehidupan sehari-hari, masih banyak oang yang menafsirkan dan memandang bahwa kewirausahaan identik dengan apa yang dimiliki baru dilakukan ‘usahawan” atau “wiraswasta”. Pandangan tersebut tidaklah tepat, karena jiwa dan sikap kewirausahaan (entrepreneurship) tidak hanya dimiliki oleh usahawan akan tetapi dapat dimiliki oleh setiap orang yang berpikir kreatif dan bertindak inovatif baik kalangan usahawan maupun masyarakat umum seperti petani, karyawan, pegawai pemerintahan, mahasiswa, guru, dan pimpinan organisasi lainnya.

1.2       Rumusan Masalah Penulisan
Berdasar dari latar belakang masalah di atas, penulis merumusakan masalah sebagai berikut.
1.      Apa manfaat dari kewirausahaan ?
2.      Apa tujuan umum dari kewirausahaan ?
3.      Bagaimana peran kewirausahaan di dalam dunia pendidikan ?

1.3       Tujuan Penulisan
1.      Untuk mengetahui manfaat dari kewirausahaan.
2.      Untuk mengetahui tujuan umum dari kewirausahaan.
3.      Untuk mengetahui  peran kewirausahaan di dalam dunia pendidikan.
BAB II
PEMBAHASAN

2.1       Manfaat Kewirausahaan
Seperti yang telah dibahas sebelumnya, kewirausahaan dapat membantu sebuah negara untuk berkembang secara ekonomi. Selain mengurangi jumlah pengangguran, kewirausahaan juga dapat meningkatkan jumlah pendapatan pajak negara. Dengan adanya kewirausahaan, masyarakat juga dapat menjadi lebih mandiri, tidak lagi tergantung pada gaji yang dibayarkan oleh negara.  Wirausaha adalah profesi yang penuh resiko. Sedikit kesalahan dapat membawa bentuk kerugian yang luar biasa. Meskipun begitu, menjadi wirausaha tentunya memiliki berbagai keuntungan, seperti berikut.
1.      Menjadi bos dalam perusahaan sendiri
2.      Mencapai tujuan
3.      Memperoleh manfaat dari keuntungan
4.      Membantu masyarakat dengan usaha konkrit
5.      Mendemonstrasikan potensi secara penuh
Pada dasarnya, semua orang bisa dan berhak menjadi wirausaha. Tetapi terdapat tiga sasaran utama kewirausahaan, yaitu:
1.      Sasaran kewirausahaan yang pertama adalah instansi pemerintah dengan kegiatan usaha (BUMN = Badan Usaha Milik Negara), organisasi profesi dan kelompok masyarakat.
2.      Sasaran kewirausahaan kedua adalah para pelaku ekonomi, terdiri dari pengusaha kecil dan koperasi.
3.      Sasaran kewirausahaan ketiga adalah generasi muda, anak-anak putus sekolah, dan calon wirausahawan.


2.2       Tujuan Umum Kewirausahaan
Ada banyak sekali tujuan kewirausahaan yang dapat dijadikan panduan oleh setiap pembisnis. Tujuan kewirausahaan tentunya berbeda-beda, tergantung dari individu yang ada di belakangnya. Secara umum, tujuan kewirausahaan tidak hanya baik untuk diri wirausahawan sendiri. Tujuan kewirausahaan sering kali lebih luas, yakni tujuan kewirausahaan dapat pula baik untuk pihak-pihak lain yang berada jauh dari bisnis tersebut. Berikut ini adalah beberapa tujuan dari kewirausahaan.
2.2.1    Meningkatkan Jumlah Wirausaha Berkualitas
Tujuan kewirausahaan yang pertama adalah meningkatkan jumlah wirausaha berkualitas. Tujuan kewirausahaan ini berdasarkan pada pemikiran jika seorang pembisnis tentunya membutuhkan sumber daya manusia lain untuk membantunya membangun perusahaan. Dengan bimbingan yang tepat, sumber daya manusia tersebut tidak hanya dapat diberdayakan kemampuannya, namun juga dapat dilatih dan dikembangkan supaya dapat menjadi calon wirausaha yang berkualitas. Tujuan kewirausahaan ini tidak menutup kemungkinan jika suatu hari nanti, “si anak buah” akan mampu mandiri dan membuka usahanya sendiri. Setelah tujuan kewirausahaan ini terwujud, maka sang pembisnis telah berhasil meningkatkan jumlah wirausaha berkualitas. 

2.2.2.   Membudayakan Semangat Wirausaha di Masyarakat
Wirausahawan dapat dikategorikan sebagai orang-orang yang memiliki jiwa tangguh, kompetitif, dan pandai mencari peluang. Semangat wirausaha yang tidak pernah padam ini sangat baik jika mampu ditularkan ke masyarakat sebagai sebuah tujuan kewirausahaan yang selanjutnya. Tujuan kewirausahaan membudayakan semangat wirausaha di masyarakat dapat diwujudkan dengan cara yang sangat sederhana, yaitu dengan bersikap seperti apa adanya seorang entrepreneur. Sikap tersebut tentunya akan menginspirasi dan membuat masyarakat tergerak untuk mencoba berwirausaha. Sikap tangguh dan tidak mudah menyerah juga sebaiknya diperlihatkan supaya tujuan kewirausahaan ini dapat membangun semangat orang-orang muda di masyarakat supaya mau bekerja keras untuk mendapatkan keberhasilan. 

2.2.3.   Memajukan dan Menyejahterakan Masyarakat
Tujuan kewirausahaan yang selanjutnya adalah untuk memajukan dan menyejahterakan masyarakat. Semakin sukses dan semakin berkembangnya sebuah bisnis, pasti akan membutuhkan semakin banyak sumber daya manusia. Hal ini berarti semakin banyaknya lapangan pekerjaan yang terbuka bagi masyakarat. Dengan berkurangnya jumlah pengangguran, berarti sebuah bisnis telah berhasil mewujudkan tujuan kewirausahaan untuk memajukan dan menyejahterakan masyarakat.

2.3       Tujuan Kewirausahaan Untuk Dunia Pendidikan
Pendidikan formal di Indonesia selama ini selalu didasarkan pada berbagai ilmu pengetahuan konvensional seperti Matematika, IPA, IPS, Bahasa Indonesia, hingga bahasa asing. Ilmu-ilmu ini penting karena anak-anak perlu mengetahui berbagai hal mengenai alam maupun sosial yang mungkin selama ini tidak dekat dengan dunianya. Tetapi selain itu semua, ilmu kehidupan pun sebenarnya juga perlu diajarkan untuk anak-anak sejak usia dini. Sayangnya, banyak sekolah yang luput untuk mengajarkan ilmu-ilmu yang relevan dengan kehidupan sehari-hari untuk anak didiknya, misalnya ilmu untuk bertahan hidup secara mandiri. 
Tujuan kewirausahaan yang berorientasi pada perlunya pendidikan kewirausahaan di Indonesia merupakan sebuah tujuan kewirausahaan yang mulia. Tujuan kewirausahaan ini rupanya juga disetujui oleh R. Djatmiko Danuhadimejo yang menyusun berbagai alasan pentingnya pendidikan kewirausahaan di Indonesia, yakni:
1.      Untuk mengembangkan dan membina bibit bakat pengusaha sehingga dapat tumbuh lebih berbobot dan selalu mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan.
2.      Untuk memberi kesempatan kepada setiap manusia agar dapat menumbuhkan kepribadian wirausaha.
3.      Untuk membentuk manusia yang berwatak unggul dan meningkatkan daya saing dan daya juang.
Dengan kepribadian wirausaha yang dimiliki oleh generasi muda, maka negara dapat menyusul ketertinggalannya terhadap negara-negara maju.





















BAB III
PENUTUP
   3.1    Simpulan
Kewirausahaan dapat membantu sebuah negara untuk berkembang secara ekonomi. Selain mengurangi jumlah pengangguran, kewirausahaan juga dapat meningkatkan jumlah pendapatan pajak negara. Dengan adanya kewirausahaan, masyarakat juga dapat menjadi lebih mandiri, tidak lagi tergantung pada gaji yang dibayarkan oleh negara. 

Tujuan kewirausahaan secara umum :
1.      Meningkatkan Jumlah Wirausaha Berkualitas
2.      Membudayakan Semangat Wirausaha di Masyarakat
3.      Memajukan dan Menyejahterakan Masyarakat

Tujuan Kewirausahaan Untuk Dunia Pendidikan :
1.      Untuk mengembangkan dan membina bibit bakat pengusaha sehingga dapat tumbuh lebih berbobot dan selalu mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan.
2.      Untuk memberi kesempatan kepada setiap manusia agar dapat menumbuhkan kepribadian wirausaha.
3.      Untuk membentuk manusia yang berwatak unggul dan meningkatkan daya saing dan daya juang.

3.2              Saran
Kita sebagai generasi penerus bangsa, bukan saja memiliki tugas untuk belajar, tetapi juga mengamalkan apa yang sudah kita pelajari. Bukan hanya berpikir nanti saya kerja apa setelah lulus sekolah atau kuliah ? Tapi kita juga harus punya pertanyaan bagaimana saya bisa menciptakan lapangan pekerjaan untuk saya dan orang-orang di sekitar saya.

 DAFTAR PUSTAKA

http://googleweblight.com/?lite_url=http://ciputrauceo.net/blog/2016/3/7/bisnis-dan-tujuankewirausahaan&ei=h74JHNB7&lc=id-ID&s=1&m=881&host=www.google.co.id&ts=1512438256&sig=ANTY_L14XN0A6snczrClej_luugQAM_kQ

No comments:

Post a Comment

Naskah Drama "Balada Saridin"

Pemain : 1.       Saridin 2.       Aisyah 3.       Sari (teman Aisyah) 4.       Siti (teman Aisyah) 5.       Ayah Aisyah 6.  ...