Problematika Pembelajaran Bahasa dan
Sastra Indonesia
Oleh: Rudiyanto
Problematika
Pelestarian Budaya Sintren melalui Pembelajaran Teks Deskripsi Pada Siswa dengan
Memanfaatkan Teknologi Industri 4.0
Kearifan
Lokal
Kearifan lokal adalah
pengetahuan, pemahaman, dan kebiasaan yang mengarahkan kehidupan manusia dalam
kehidupan masyarakat dalam komunitas ekologis. Kehidupan lokal berguna baik
sebagai pengetahuan hidup maupun sebagai perilaku manusia dalam melestarikan
lingkungan (Hamidy, 2001) yang dikutip oleh Amri (2013). Saam (2011), yang
dikutip oleh Amri (2013), juga menyebutkan bahwa kearifan lokal itu berkembang
dalam kehidupan sehari-hari melalui ajaran langsung dari orang tua kepada
anaknya maupun dari ninik mamak 35 Jurnal Spasial kepada cucu kemenakannya.
Adapun cara lain dalam penyampaian kearifan tersebut seperti melalui
petatah-petitih, pantang larang dan sastra lainnya.
Kesenian
Sintren
Sintren merupakan seni
budaya tradisional daerah pesisir pulau Jawa bagian utara. Sintren juga
merupakan kesenian yang dapat ditampilkan dan diajarkan dengan memiliki makna
simbolik tinggi untuk mendidik generasi muda, yaitu untuk membentuk karakter
bangsa yang memiliki peradaban tinggi dan relevan dengan perkembangan zaman
sebagai salah satu bentuk dari pencerahan masyarakat. Meskipun sampai dengan
saat ini sebagian masyarakat masih menganggap kesenian Sintren mengandung
syirik. Padahal kebalikannya, Sintren merupakan media dawah yang mengandung
nilai estetika tinggi, yang dibuat dengan teknik pertunjukkan murni, yang
membutuhkan kecerdasan intelektual serta spiritual yang tinggi (Dyah, 2012:3).
Pelestarian
Budaya Sintren Melalui Pembelajaran Menulis Teks Deskripsi Pada Siswa
Teks deskripsi menurut
Kosasih (2006: 26) adalah karangan yang menggambarkan suatu objek dengan tujuan
agar pembaca merasa seolah-olah melihat sendiri objek yang digambarkan itu,
sedangkan menurut Mahsun (2014: 28), teks deskripsi adalah teks yang memiliki
tujuan sosial untuk menggambarkan suatu objek atau benda secara individual
berdasarkan ciri fisiknya.
Penerapan pelestarian
budaya sintren bisa dilakukan oleh guru melalui pembelajaran menulis teks
deskripsi di kelas. Melalui kegiatan pembelajaran menulis teks deskripsi, siswa
bisa mencari informasi mengenai budaya sintren kemudian menginformasikan
melalui tulisan karangan teks deskripsi sesuai dengan informasi yang didapat
oleh siswa. Sehingga, secara tidak langsung siswa mencari informasi untuk
mengetahui tentang budaya sintren. Meskipun pada praktiknya siswa tidak bisa
melakukan atau melestarikan secara langsung, tetapi secara gambaran mengenai
budaya sintren siswa dapat mengetahuinya.
Kegiatan melestarikan
budaya atau kearifan lokal, tidak harus dengan mempelajari atau mempraktikkan
budayanya. Tetapi cukup dengan kita mengetahui dan menerapkan nilai-nilai
kearifan lokal yang terdapat di dalam budaya tersebut. Dengan mempelajari
kearifan lokal, diharapkan agar siswa dapat mengamalkan nilai-nilai karakter
yang mencerminkan perilaku positif dalam kehidupan bermasyarakat.
Kearifan lokal budaya
sintren, sangat dekat dengan masyarakat di daerah Indramayu dan Cirebon. Guru
bisa menerapkan pembelajaran pelestarian budaya sintren melalui pembelajaran
teks deskripsi di kelas dengan menyuruh siswa memahami nilai-nilai karakter
dari sintren yang dituangkan dalam karangan teks deskripsi.
Berikut ini nilai-nilai
karakter yang bisa diambil dan diterapkan dari budaya sintren.
Nilai
Agama :
-
Pemeran utama sintren/lais yaitu
dalang/pawang berjumlah 2 orang. Hal ini melambangkan 2 kalimat syahadat.
-
Simbol kaca mata hitam melambangkan
bahwa kita tidak boleh melihat dunia hitam atau melihat hal-hal yang buruk.
-
Ikatan pada sintren melambangkan bahwa
keimanan manusia senantiasa harus diperkuat.
Nilai Sosial
-
Melalui budaya sintren, masyarakat bisa
berkumpul bersama dan menjalin sikap sosial antar sesama manusia pada acara
tersebut.
-
Ikatan pada sintren melambangkan kalau
manusia itu harus kuat tali silaturahminya antar sesama manusia.
-
Kaca mata hitam melambangkan bahwa hidup
kita tidak boleh iri dan selalu melihat kekurangan-kekurangan dari orang lain.
-
Gerakan terjatuh pada saat sintren
dilempari uang melambangkan bahwa hidup itu tidak boleh sombong karena pada
saatnya nanti manusia yang sombong akan terlena dan terjatuh karena kesombongan
duniawinya.
Problematika
Pelestarian Budaya Sintren Melalui Pembelajaran Teks Deskripsi Pada Era 4.0 dan
Solusinya
Problematika
yang dihadapi guru
Dengan
berkembangnya teknologi dan informasi yang terjadi sangat pesat seperti
sekarang ini, maka banyak kendala-kenda yang dihadapi guru dalam kegiatan
belajar mengajar di kelas, yaitu sebagai berikut.
1.
Guru yang sudah senior dan sudah lama
mengajar, maka akan kalah cepat dari siswanya dalam menerima informasi dunia luar,
sehingga guru cenderung diremehkan oleh siswa.
2.
Guru yang tidak siap dengan perkembangan
teknologi, maka akan tertinggal dengan siswanya, dan guru akan gaptek.
3.
Rasa hormat dari siswa kepada guru
semakin berkurang, karena komunikasi guru dengan siswa semakin berkurang dengan
adanya gadget canggih yang sering dimainkan oleh siswa.
4.
Nilai-nilai budaya akan terkikis seiring
berkembangnya teknologi modern.
5.
Kearifan local akan punah tergantikan
dengan modernisasi
6.
Rasa memiliki dan merawat budaya dari
siswa menurun
7.
Siswa lebih suka mempelajari hal-hal
baru di gadget mereka daripada ilmu yang diberikan guru.
Solusi
yang bisa digunakan guru
Dengan
berkembangnya teknologi, seharusnya guru bisa memanfaatkan peluang tersebut
untuk dijadikan media, alat, dan bahan di dalam proses kegiatan belajar
mengajar. Guru bisa menggunakan gadget atau teknologi untuk membantu dalam
proses kegiatan belajar mengajar di kelas, seperti menampilkan materi
menggunakan infokus, menyuruh siswa agar mengakses internet untuk mencari
materi, menonton video/film yang berkaitan dengan materi, dan bisa menggunakan
aplikasi yang tersedia untuk memantau kehadiran siswa, memberikan nilai secara
transparan, dan lain-lain.
Simpulan
Pendidikan merupakan
modal utama dalam kehiduapan sehari-hari. Baik pendidikan yang didapat secara
formal maupun non formal, baik yang didapat melalui pendidikan di lingkungan
sekolah, maupun di luar lingkungan sekolah. Pendidikan karakter bangsa
Indonesia pada saat ini masih minim dan terus berusaha ditingkatkan oleh
pemerintah melalui kurikulum 2013 yang memasukkan nilai-nilai karakter siswa.
Nilai-nilai karakter yang bisa diambil dalam kehidupan sehari-hari yang paling
dekat adalah nilai-nilai karakter yang terdapat di dalam kearifan lokal
masyarakat Indonesia. Bagi masyarakat Indramayu-Cirebon dan sekitarnya,
nilai-nilai karakter yang bisa dipelajari dan diterapkan yaitu melalui budaya
tari sintren. Nilai-nilai karakter yang terdapat di dalam kesenian sintren
dapat dipelajari melalui pembelajaran menulis teks deskripsi. Sehingga, selain
siswa bisa memahami dan mampu membuat karangan teks deskripsi, siswa juga mampu
turut serta dalam melestarikan kearifan lokal yang ada di sekitarnya. Dengan berkembangnya teknologi dan informasi
pada era 4.0, seharusnya dunia pendidikan juga bisa berkembang mengikuti
perkembangan zaman. Sehingga pada proses pembelajaran tidak akan terganggu dan
justru semakin maju dengan memanfaatkan teknologi tersebut. Dinas-dinas terkait
juga harus bisa memantau pergaulan anak dalam mengakses internet yang diperoleh
secara mudah di gadget yang mereka mainkan. Sehingga nilai-nilai positif dari
perkembangan teknologi juga bisa dimanfaatkan oleh siswa dengan baik dan tidak
disalahgunakan.
Daftar Pustaka
Dian Permanasari. 2017. Kemampuan Menulis
Teks Deskripsi Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Sumber Jaya Lampung Barat. Jurnal
Pesona. 3(2) : 158
Tamsik Udin. 2017. Pelestarian Sintren
melalui Kurikulum Muatan Lokal Sekolah di Cirebon. Journal For Islamic Social
Sciences. 2(1) : 52-55
Yulia Citra. 2012. Pelaksanaan
Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus. 1(1) :
238
This way my partner Wesley Virgin's biography begins with this shocking and controversial video.
ReplyDeleteWesley was in the military-and shortly after leaving-he discovered hidden, "self mind control" tactics that the government and others used to get everything they want.
These are the EXACT same secrets tons of famous people (especially those who "became famous out of nothing") and elite business people used to become wealthy and famous.
You probably know that you use less than 10% of your brain.
Really, that's because the majority of your BRAINPOWER is UNCONSCIOUS.
Perhaps this expression has even occurred INSIDE your very own brain... as it did in my good friend Wesley Virgin's brain about seven years ago, while driving an unregistered, garbage bucket of a car without a license and with $3.20 on his debit card.
"I'm very frustrated with living paycheck to paycheck! When will I get my big break?"
You've been a part of those those types of conversations, am I right?
Your success story is going to start. You just need to take a leap of faith in YOURSELF.
Take Action Now!
You should see how my buddy Wesley Virgin's biography launches with this SHOCKING AND CONTROVERSIAL VIDEO.
ReplyDeleteYou see, Wesley was in the army-and soon after leaving-he revealed hidden, "mind control" secrets that the CIA and others used to get whatever they want.
As it turns out, these are the exact same tactics lots of famous people (especially those who "became famous out of nothing") and elite business people used to become rich and famous.
You've heard that you utilize only 10% of your brain.
That's really because the majority of your BRAINPOWER is UNCONSCIOUS.
Maybe that thought has even occurred INSIDE OF YOUR own brain... as it did in my good friend Wesley Virgin's brain about 7 years back, while riding a non-registered, beat-up bucket of a car with a suspended license and $3.20 in his bank account.
"I'm so fed up with going through life paycheck to paycheck! When will I become successful?"
You've been a part of those those questions, ain't it so?
Your own success story is waiting to happen. All you need is to believe in YOURSELF.
Take Action Now!
Do this hack to drop 2lb of fat in 8 hours
ReplyDeleteMore than 160000 women and men are hacking their diet with a easy and secret "water hack" to lose 2 lbs each night as they sleep.
It is scientific and works every time.
Here's how to do it yourself:
1) Hold a glass and fill it half full
2) Proceed to follow this strange hack
you'll be 2 lbs lighter the next day!