Monday, February 24, 2020

Problematika Pelestarian Budaya Sintren melalui Pembelajaran Teks Deskripsi Pada Siswa dengan Memanfaatkan Teknologi Industri 4.0


 Problematika Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia
Oleh: Rudiyanto


Problematika Pelestarian Budaya Sintren melalui Pembelajaran Teks Deskripsi Pada Siswa dengan Memanfaatkan Teknologi Industri 4.0

Kearifan Lokal
Kearifan lokal adalah pengetahuan, pemahaman, dan kebiasaan yang mengarahkan kehidupan manusia dalam kehidupan masyarakat dalam komunitas ekologis. Kehidupan lokal berguna baik sebagai pengetahuan hidup maupun sebagai perilaku manusia dalam melestarikan lingkungan (Hamidy, 2001) yang dikutip oleh Amri (2013). Saam (2011), yang dikutip oleh Amri (2013), juga menyebutkan bahwa kearifan lokal itu berkembang dalam kehidupan sehari-hari melalui ajaran langsung dari orang tua kepada anaknya maupun dari ninik mamak 35 Jurnal Spasial kepada cucu kemenakannya. Adapun cara lain dalam penyampaian kearifan tersebut seperti melalui petatah-petitih, pantang larang dan sastra lainnya.

Kesenian Sintren
Sintren merupakan seni budaya tradisional daerah pesisir pulau Jawa bagian utara. Sintren juga merupakan kesenian yang dapat ditampilkan dan diajarkan dengan memiliki makna simbolik tinggi untuk mendidik generasi muda, yaitu untuk membentuk karakter bangsa yang memiliki peradaban tinggi dan relevan dengan perkembangan zaman sebagai salah satu bentuk dari pencerahan masyarakat. Meskipun sampai dengan saat ini sebagian masyarakat masih menganggap kesenian Sintren mengandung syirik. Padahal kebalikannya, Sintren merupakan media dawah yang mengandung nilai estetika tinggi, yang dibuat dengan teknik pertunjukkan murni, yang membutuhkan kecerdasan intelektual serta spiritual yang tinggi (Dyah, 2012:3).



Pelestarian Budaya Sintren Melalui Pembelajaran Menulis Teks Deskripsi Pada Siswa
Teks deskripsi menurut Kosasih (2006: 26) adalah karangan yang menggambarkan suatu objek dengan tujuan agar pembaca merasa seolah-olah melihat sendiri objek yang digambarkan itu, sedangkan menurut Mahsun (2014: 28), teks deskripsi adalah teks yang memiliki tujuan sosial untuk menggambarkan suatu objek atau benda secara individual berdasarkan ciri fisiknya.
Penerapan pelestarian budaya sintren bisa dilakukan oleh guru melalui pembelajaran menulis teks deskripsi di kelas. Melalui kegiatan pembelajaran menulis teks deskripsi, siswa bisa mencari informasi mengenai budaya sintren kemudian menginformasikan melalui tulisan karangan teks deskripsi sesuai dengan informasi yang didapat oleh siswa. Sehingga, secara tidak langsung siswa mencari informasi untuk mengetahui tentang budaya sintren. Meskipun pada praktiknya siswa tidak bisa melakukan atau melestarikan secara langsung, tetapi secara gambaran mengenai budaya sintren siswa dapat mengetahuinya.
Kegiatan melestarikan budaya atau kearifan lokal, tidak harus dengan mempelajari atau mempraktikkan budayanya. Tetapi cukup dengan kita mengetahui dan menerapkan nilai-nilai kearifan lokal yang terdapat di dalam budaya tersebut. Dengan mempelajari kearifan lokal, diharapkan agar siswa dapat mengamalkan nilai-nilai karakter yang mencerminkan perilaku positif dalam kehidupan bermasyarakat.
Kearifan lokal budaya sintren, sangat dekat dengan masyarakat di daerah Indramayu dan Cirebon. Guru bisa menerapkan pembelajaran pelestarian budaya sintren melalui pembelajaran teks deskripsi di kelas dengan menyuruh siswa memahami nilai-nilai karakter dari sintren yang dituangkan dalam karangan teks deskripsi.
Berikut ini nilai-nilai karakter yang bisa diambil dan diterapkan dari budaya sintren.


Nilai Agama :
-          Pemeran utama sintren/lais yaitu dalang/pawang berjumlah 2 orang. Hal ini melambangkan 2 kalimat syahadat.
-          Simbol kaca mata hitam melambangkan bahwa kita tidak boleh melihat dunia hitam atau melihat hal-hal yang buruk.
-          Ikatan pada sintren melambangkan bahwa keimanan manusia senantiasa harus diperkuat.

Nilai Sosial
-          Melalui budaya sintren, masyarakat bisa berkumpul bersama dan menjalin sikap sosial antar sesama manusia pada acara tersebut.
-          Ikatan pada sintren melambangkan kalau manusia itu harus kuat tali silaturahminya antar sesama manusia.
-          Kaca mata hitam melambangkan bahwa hidup kita tidak boleh iri dan selalu melihat kekurangan-kekurangan dari orang lain.
-          Gerakan terjatuh pada saat sintren dilempari uang melambangkan bahwa hidup itu tidak boleh sombong karena pada saatnya nanti manusia yang sombong akan terlena dan terjatuh karena kesombongan duniawinya.


Problematika Pelestarian Budaya Sintren Melalui Pembelajaran Teks Deskripsi Pada Era 4.0 dan Solusinya

Problematika yang dihadapi guru
            Dengan berkembangnya teknologi dan informasi yang terjadi sangat pesat seperti sekarang ini, maka banyak kendala-kenda yang dihadapi guru dalam kegiatan belajar mengajar di kelas, yaitu sebagai berikut.
1.      Guru yang sudah senior dan sudah lama mengajar, maka akan kalah cepat dari siswanya dalam menerima informasi dunia luar, sehingga guru cenderung diremehkan oleh siswa.
2.      Guru yang tidak siap dengan perkembangan teknologi, maka akan tertinggal dengan siswanya, dan guru akan gaptek.
3.      Rasa hormat dari siswa kepada guru semakin berkurang, karena komunikasi guru dengan siswa semakin berkurang dengan adanya gadget canggih yang sering dimainkan oleh siswa.
4.      Nilai-nilai budaya akan terkikis seiring berkembangnya teknologi modern.
5.      Kearifan local akan punah tergantikan dengan modernisasi
6.      Rasa memiliki dan merawat budaya dari siswa menurun
7.      Siswa lebih suka mempelajari hal-hal baru di gadget mereka daripada ilmu yang diberikan guru.

Solusi yang bisa digunakan guru
            Dengan berkembangnya teknologi, seharusnya guru bisa memanfaatkan peluang tersebut untuk dijadikan media, alat, dan bahan di dalam proses kegiatan belajar mengajar. Guru bisa menggunakan gadget atau teknologi untuk membantu dalam proses kegiatan belajar mengajar di kelas, seperti menampilkan materi menggunakan infokus, menyuruh siswa agar mengakses internet untuk mencari materi, menonton video/film yang berkaitan dengan materi, dan bisa menggunakan aplikasi yang tersedia untuk memantau kehadiran siswa, memberikan nilai secara transparan, dan lain-lain.

Simpulan
Pendidikan merupakan modal utama dalam kehiduapan sehari-hari. Baik pendidikan yang didapat secara formal maupun non formal, baik yang didapat melalui pendidikan di lingkungan sekolah, maupun di luar lingkungan sekolah. Pendidikan karakter bangsa Indonesia pada saat ini masih minim dan terus berusaha ditingkatkan oleh pemerintah melalui kurikulum 2013 yang memasukkan nilai-nilai karakter siswa. Nilai-nilai karakter yang bisa diambil dalam kehidupan sehari-hari yang paling dekat adalah nilai-nilai karakter yang terdapat di dalam kearifan lokal masyarakat Indonesia. Bagi masyarakat Indramayu-Cirebon dan sekitarnya, nilai-nilai karakter yang bisa dipelajari dan diterapkan yaitu melalui budaya tari sintren. Nilai-nilai karakter yang terdapat di dalam kesenian sintren dapat dipelajari melalui pembelajaran menulis teks deskripsi. Sehingga, selain siswa bisa memahami dan mampu membuat karangan teks deskripsi, siswa juga mampu turut serta dalam melestarikan kearifan lokal yang ada di sekitarnya.  Dengan berkembangnya teknologi dan informasi pada era 4.0, seharusnya dunia pendidikan juga bisa berkembang mengikuti perkembangan zaman. Sehingga pada proses pembelajaran tidak akan terganggu dan justru semakin maju dengan memanfaatkan teknologi tersebut. Dinas-dinas terkait juga harus bisa memantau pergaulan anak dalam mengakses internet yang diperoleh secara mudah di gadget yang mereka mainkan. Sehingga nilai-nilai positif dari perkembangan teknologi juga bisa dimanfaatkan oleh siswa dengan baik dan tidak disalahgunakan. 

Daftar Pustaka
Dian Permanasari. 2017. Kemampuan Menulis Teks Deskripsi Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Sumber Jaya Lampung Barat. Jurnal Pesona. 3(2) : 158
Tamsik Udin. 2017. Pelestarian Sintren melalui Kurikulum Muatan Lokal Sekolah di Cirebon. Journal For Islamic Social Sciences. 2(1) : 52-55
Yulia Citra. 2012. Pelaksanaan Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus. 1(1) : 238


3 comments:

  1. This way my partner Wesley Virgin's biography begins with this shocking and controversial video.

    Wesley was in the military-and shortly after leaving-he discovered hidden, "self mind control" tactics that the government and others used to get everything they want.

    These are the EXACT same secrets tons of famous people (especially those who "became famous out of nothing") and elite business people used to become wealthy and famous.

    You probably know that you use less than 10% of your brain.

    Really, that's because the majority of your BRAINPOWER is UNCONSCIOUS.

    Perhaps this expression has even occurred INSIDE your very own brain... as it did in my good friend Wesley Virgin's brain about seven years ago, while driving an unregistered, garbage bucket of a car without a license and with $3.20 on his debit card.

    "I'm very frustrated with living paycheck to paycheck! When will I get my big break?"

    You've been a part of those those types of conversations, am I right?

    Your success story is going to start. You just need to take a leap of faith in YOURSELF.

    Take Action Now!

    ReplyDelete
  2. You should see how my buddy Wesley Virgin's biography launches with this SHOCKING AND CONTROVERSIAL VIDEO.

    You see, Wesley was in the army-and soon after leaving-he revealed hidden, "mind control" secrets that the CIA and others used to get whatever they want.

    As it turns out, these are the exact same tactics lots of famous people (especially those who "became famous out of nothing") and elite business people used to become rich and famous.

    You've heard that you utilize only 10% of your brain.

    That's really because the majority of your BRAINPOWER is UNCONSCIOUS.

    Maybe that thought has even occurred INSIDE OF YOUR own brain... as it did in my good friend Wesley Virgin's brain about 7 years back, while riding a non-registered, beat-up bucket of a car with a suspended license and $3.20 in his bank account.

    "I'm so fed up with going through life paycheck to paycheck! When will I become successful?"

    You've been a part of those those questions, ain't it so?

    Your own success story is waiting to happen. All you need is to believe in YOURSELF.

    Take Action Now!

    ReplyDelete
  3. Do this hack to drop 2lb of fat in 8 hours

    More than 160000 women and men are hacking their diet with a easy and secret "water hack" to lose 2 lbs each night as they sleep.

    It is scientific and works every time.

    Here's how to do it yourself:

    1) Hold a glass and fill it half full

    2) Proceed to follow this strange hack

    you'll be 2 lbs lighter the next day!

    ReplyDelete

Naskah Drama "Balada Saridin"

Pemain : 1.       Saridin 2.       Aisyah 3.       Sari (teman Aisyah) 4.       Siti (teman Aisyah) 5.       Ayah Aisyah 6.  ...