Monday, February 24, 2020

Proses pemerolehan B1, pemahaman BI, faktor yang mempengaruhi, pembendaharaan kata, dan pemahama makna kata.


Hasil Penelitian/pengamatan dan Wawancara
Proses pemerolehan B1, pemahaman BI, faktor yang mempengaruhi, pembendaharaan kata, dan pemahama makna kata.
Nama Anak   : Syifa
Usia                 : 4 Tahun
Nama Ibu       : Laeli Rizqy



1.      Bagaimana proses pemerolehan bahasa pertama pada anak?
Proses pemerolehan bahasa pertama pada anak yang saya teliti bernama Syifa (4 Tahun), proses pemerolehan bahasa pertamanya terbagi ke dalam bahasa Indonesia dan bahasa jawa/dermayon. Hal ini dikarenakan si anak tersebut diasuh oleh pengasuh yang berasal dari masyarakat yang memiliki latar belakang pendidikan rendah. Jadi, ketika si anak tersebut diasuh oleh pengasuhnya, pengasuhnya menggunakan bahasa jawa/dermayon untuk berkomunikasi dengan Syifa. Sedangkan ketika syifa bersama kedua orang tuanya, kedua orang tua syifa berkomunikasi dengan syifa menggunakan bahasa Indonesia. Hal ini dikarenakan kedua orang tua syifa berprofesi sebagai guru. Sehingga, ketika saya mengamati dan berkomunikasi dengan Syifa, dia menggunakan dua bahasa sekaligus. Ketika dia paham makna benda/kata yang berada di sekitarnya dalam bahasa pertama yang diajarkan oleh kedua orang tuanya, maka syifa menyebutkan benda/kata tersebut dengan bahasa Indonesia. Akan tetapi, ketika dia menunjukkan suatu benda yang bahasa pertamanya atau nama benda pertama kali dia tahu dari pengasuhnya yang menggunakan bahasa jawa/dermayon, maka syifa menyebutkan benda tersebut dengan menggunakan bahasa jawa/dermayon. Sehingga pemahaman perolehan bahasa pertama yang dimiliki syifa terbagi ke dalam dua bahasa, yaitu bahasa Indonesia (dari kedua orang tuanya) dan bahasa jawa/dermayon (dari pengasuhnya).

Contoh:
B1 (dari kedua orang tuanya)
Beli (bahasa Indonesia) bermakna membeli
B1 (dari pengasuhnya)
Beli (bahasa jawa/dermayon) bermakna tidak

B1 (dari kedua orang tuanya)
Kakak (bahasa Indonesia) bermakna saudara/orang yang lebih tua
B1 (dari pengasuhnya)
Aang (bahasa jawa/dermayon) bermakna Kakak (bahasa Indonesia)

“Saya dan suami saya dari awal selalu menggunakan bahasa Indonesia ketika berkomunikasi dengan anak saya. Karena saya berharap kemampuan B1 yang didapat oleh Syifa adalah bahasa Indonesia, sehingga ketika dia sudah sekolah dia mengerti apa yang dikatakan oleh gurunya. Kan kalau sudah sekolah harus bisa bahasa Indonesia, komunikasi guru di kelas juga kan pakainya bahasa Indonesia. Tapi ya gitu, seperti yang kamu tau, karena kesibukan saya dan suami saya sebagai seorang guru, akhirnya dari kecil Syifa sudah saya titipkan ke pengasuh dari pagi sampai siang, dari siang sampe pagi lagi kan sama saya. Jadi pemahaman B1 yang dimiliki Syifa terbilang unik, karena dia bisa memiliki B1 dengan dua bahasa. Ada bahasa Indonesia dan bahasa jawa/dermayon”. Ujar Ibunya Syifa.

2.      Pemahaman bahasa pertama yang dimiliki oleh anak
Pemahaman bahasa pertama yang dimiliki oleh Syifa sudah sangat bagus, bahkan kemampuannya sudah di atas rata-rata teman seusianya di lingkungan tempat tinggalnya. Meskipun Syifa belum sekolah, akan tetapi kemampuan pemahaman bahasa pertamanya seperti anak-anak yang sudah bersekolah. Hal ini disebabkan oleh faktor keluarga/kedua orang tua Syifa yang berasal dari latar belakang pendidikan yang tinggi. Apalagi kedua orang tua Syifa berprofesi sebagai guru. Sehingga kosa kata yang dikuasai oleh Syifa sudah melebihi kosa kata yang dikuasai oleh teman-teman seusianya yang orang tuanya memiliki latar belakang pendidikan rendah.

3.      Bagaimana pengaruh faktor lingkungan terhadap pemerolehan bahasa pertama pada anak ?
Faktor lingkungan terhadap pemerolehan B1 pertama Syifa sangat berpengaruh. Dari perbedaan latar belakang kedua orang tua Syifa dengan pengasuhnya saja sudah mempengaruhi pemerolehan B1 pada Syifa, didukung pula dengan kondisi lingkungan di sekitarnya. Kondisi lingkungan Syifa selalu ramai, karena di depan rumahnya terdapat Warung Internet (usaha dari orang tua Syifa). Sehingga bahasa-bahasa yang “kurang baik/kasar/jorok” didengar Syifa dari anak-anak yang main warnet tanpa Syifa ketahui makna dari kata tersebut.
Faktor lingkungan juga mempengaruhi B1 Syifa (Bahasa Indonesia) yang diberikan oleh kedua orang tuanya. Meskipun kedua orang tuanya memberikan B1 yaitu bahasa Indonesia, akan tetapi mayoritas lingkungan sekitarnya berkomunikasi dengan bahasa jawa/dermayon. Sehingga ketika orang lain berkomunikasi dengan Syifa, mereka menggunakan bahasa seharihari (bahasa jawa/dermayon). Hal ini tentu ada kelebihan dan kekurangannya. Kelebihannya yaitu Syifa bisa memperoleh kosa kata tambahan B1 dari orang lain yang belum diberikan oleh kedua orang tuanya. Kekurangannya yaitu terkadang tidak terjadi komunikasi yang baik antara Syifa dan orang-orang atau anak-anak di sekitarnya.

4.      Pembendaharaan kosa kata yang dimiliki anak apakah sudah banyak atau belum ?
Pembendaharaan kata yang dimiliki Syifa dibandingkan dengan teman-teman seusianya sangat berbeda. Kosa kata yang dimiliki Syifa berada di atas rata-rata dari teman-temannya. Dari pemahaman bahasa Indonesia dan bahasa jawa/dermayon saja sudah membedakan kualitas bahasa yang dimiliki Syifa dibandingkan dengan teman-teman di sekitarnya. Ketika teman-teman Syifa yang hanya memahami bahasa jawa/dermayon, Syifa sudah memahami bahasa Indonesia yang dia dapat dari kedua orang tuanya.

5.      Pemahaman makna kata yang dipahami anak
Pemahaman makna kata yang dipahami oleh Syifa sudah sangat baik.
Contoh:
Ujaran : Bu, Fa beli es klim ya?
Arti : Bu, Syifa beli Ice Cream ya?
Konteks : Syifa mendengar suara musik orang jualan es krim.

Ujaran : Yah, Fa njem HP. Mau yutub.
Arti      : Ayah, Syifa pinjam HP, mau lihat Youtube.
Konteks : Syifa melihat ayahnya yang memegang HP.

                                                                                                                                   







No comments:

Post a Comment

Naskah Drama "Balada Saridin"

Pemain : 1.       Saridin 2.       Aisyah 3.       Sari (teman Aisyah) 4.       Siti (teman Aisyah) 5.       Ayah Aisyah 6.  ...