Tuesday, May 31, 2016

Sejarah Bendera Merah Putih

Sejarah Bendera Merah Putih
Bendera nasional Indonesia adalah sebuah bendera berdesain sederhana dengan 2 warna yang dibagi menjadi 2 bagian secara mendatar. Warna diambil dari warna kerajaan Majapahit. Sebenarnya tidak hanya kerajaan Majapahit saja yang memakai bendera merah putih sebagai lambang kebesaran. Sebelum kerajaan Majapahit, kerajaan Kediri telah memakai panji-panji merah putih. Selain itu, bendera perang Sisingamaraja IX dari tanah Batak pun memakai warna merah putih sebagai warna benderanya, berbagai pedang kembar warna putih dengan dasar merah menyala dan putih. Warna merah dan putih ini adalah bendera Sisingamaraja ke XII. Dua pedang kembar melambangkan pisau Gajah Dompak pusaka raja-raja Sisingamaraja yang ke  I – XII.
Ketika terjadi perang di Aceh pejuang-pejuang Aceh telah menggunakan bendera perang berupa umbul-umbul dengan warna merah dan putih, dibagian belakang diaplikasikan gambar pedang, bulan sabit, matahari, dan bintang serta beberapa ayat Suci Al-qur’an.
            Di zaman kerajaan Bugis Bone, Sulawesi Selatan sebelum Arung Palaka, bendera merah putih adalah simbol kekuasaan dan kebesaran kerajaan Bone. Bendera Bone itu dikenal dengan nama Worom Porang pada waktu perang Jawa (1825 – 1830). Pangeran Diponegoro memakai panji-panji merah putih dalam perjuangan melawan Belanda. Bendera yang dinamakan Sang Merah Putih ini pertama kali digunakan oleh pelajar dan kaum nasional pada awal abad ke-20 di bawah kekuasaan Belanda. Setelah perang dunia ke II berakhir, Indonesia merdeka dan mulai menggunakan bendera ini sebagai bendera nasional.

Sang Saka Merah Putih merupakan julukan kehormatan terhadap bendera merah putih negara Indonesia. Bendera pusaka ini dibuat oleh Ibu Fatmawati istri Presiden Soekarno pada tahun 1944 dan berukuran 276 x 200 cm. Bendera ini berbahan dari katun Jepang, namun ada juga yang mengatakan terbuat dari kain wol dari London yang saat itu memang khusus untuk membuat bendera-bendera negara di dunia karena terkenal dengan keawetannya. Sejak tahun 1946 - 1968, bendera tersebut hanya dikibarkan pada saat setiap HUT RI. Sejak 1969 bendera tersebut tidak pernah dikibarkan lagi, dan sampai saat ini disimpan di Istana Negara (Istana Merdeka).

No comments:

Post a Comment

Naskah Drama "Balada Saridin"

Pemain : 1.       Saridin 2.       Aisyah 3.       Sari (teman Aisyah) 4.       Siti (teman Aisyah) 5.       Ayah Aisyah 6.  ...