Wednesday, June 1, 2016

Wisata Pantai Glayem Juntinyuat

Pantai Glayem, Juntinyuat

Salah satu pantai yang ada di wilayah Kecamatan Juntinyunyat adalah Pantai Glayem. Pantai itu dahulu adalah pelabuhan yang biasa disinggahi oleh nelayan setempat.Bahkan ada kepercayaan masyarakat setempat yang unik. Menurut kepercayaan itu nelayan yang singgah di pelabuhan itu ikan hasil tangkapannya akan lebih laris. Selain itu rasa  ikannya juga lebih enak.Pantai Glayem juga merupakan salah satu Tempat Pelelangan Ikan (TPI) yang cukup terkenal. Bahkan hasil tangkapan ikan di TPI Glayem ini diekspor sampai ke luar Indramayu. TPI Glayem ini dikelola oleh Koperasi Unit Desa Mina Sari (KUD Mina Sari) guna mensejahterakan para nelayan di sekitar wilayah Juntinyuat.

Pantai Glayem akan lebih ramai dipadati para pengunjung pada saat libur panjang.Di pantai itu tersedia tempat bermain untuk anak-anak, rumah makan dan tempat parkir yang nyaman. Bagi anda yang lupa membawa alas tempat duduk  bisa menyewa tikar dari para pemilik warung yang berjualan di situ. Harga sewa untuk satu tikar bisanya tidak lebih dari 10,000 rupiah.

Di pantai Glayem terdapat rumah makan yang terkenal yaitu Perdut. Selain itu ada juga warung-warung yang menyediakan makanan yang lain seperti bakso, mi ayam dan aneka cemilan. Bagi anda pecinta kopi di warung-warung penjual makanan bisanya juga menyediakan kopi.

Pada saat libur panjang biasanya ada acara panggung hiburan,yang biasanya diisi oleh artis-artis Pantura yang sudah terkenal. Para pengunjung di pantai Glayem bukan hanya dari wilayah Juntinyuat saja, tapi dari wilayah tiga Cirebon. Yang dimaksud wilayah tiga itu adalah Cirebon, Indramayu, Majalengka dan Kuningan. Selain disebut sebagai daerah wilayah tiga ada juga sebutan yang lain yaitu wilayah Ciayumajakuning.

Harga tiket masuk untuk satu orang itu 3000 Rp, kalau 1 motor ditumpangi oleh dua orang maka kita cukup membayar 5000 Rp untuk tiket masuk dan parkir motor.
Pantai wisata Glayem berada di jalan raya Juntinyuat kurang lebih 15-20  Km dari pusat  kota Indramayu.

Berikut beberapa foto yang dapat saya sajikan 






No comments:

Post a Comment

Naskah Drama "Balada Saridin"

Pemain : 1.       Saridin 2.       Aisyah 3.       Sari (teman Aisyah) 4.       Siti (teman Aisyah) 5.       Ayah Aisyah 6.  ...